Xprinter XP360B di Linux

Xprinter XP360B adalah printer label dengan mode direct thermal dengan harga paling murah, setidaknya hingga tulisan ini dibuat. Printer label, sebagian juga menyebutnya printer barcode.

Untuk lingkungan Windows, printer macam ini biasanya tidak ada masalah dengan urusan drivers. Berlimpah. Bagaimana dengan lingkungan linux? Tidak perlu berlama-lama untuk mengetahui bahwa printer ini tidak banyak informasinya untuk di Linux. Semua juga saling bertanya di stackoverflow, di blog, di cups forum.

Printer ini sebenarnya menyediakan driver linux beserta cara installnya. Sayangnya entah karena workstation saya yang tidak up to date atau justru driver tersebut yang terlalu jadul. Sehingga saat digunakan hanya memberikan pesan

/usr/lib/cups/filter/rastertoxp failed

Yang kalau ditelusuri memberikan pesan segmentation fault (segfault) pada libc.

rastertoxp58[4221]: segfault at 1 ip b754a580 sp bff93f00 error 4 in libc-2.15.so[b7516000+1a4000]

Karena saya bukan orang yang rajin dan tidak cukup pintar untuk menelusuri source code dan compile sana-sini. Maka saya lebih suka untuk memperhatikan bagaimana printer tersebut bekerja di Windows.

Di lingkungan Windows tersedia driver yang dibuat oleh Seagull Scientific – perusahaan yang fokus di bidang cetak-mencetak label, barcode dan RFID – dan juga yang dibuat oleh produsen Xprinter, J-Speed Technology.

Aslinya saya juga kurang tahu tentang bahasa printer, hanya sekadar tahu ESC, ZPL, EPL, CPL. Dan ternyata Xprinter ini menggunakan TSPL. Screenshot 2015-06-18 21.10.18

TSPL ini bahasa yang juga dipakai oleh TSC Printer. TSC Printer dukungan driver printer untuk Linuxnya cukup lengkap. Tinggal pilih satu tipe yang menggunakan teknologi yang serupa, direct thermal dengan lebar maksimum label 80mm.

Driver TSC TDP-245 series dapat digunakan untuk printer Xprinter XP360B ini.

Caranya? Ikuti saja step-by-step dari Driver yang disediakan.

Ahkirnya saya menulis blog lagi!

8 pemikiran pada “Xprinter XP360B di Linux”

  1. Now did you solve your problem? I agree the printer is cheap but if it does not work on Ubuntu it is a waste of money. I’ve tried to translate your text (Google). Global I understand your text. So what is your verdict: buy? Or don’t buy? Thanks!

  2. Dear agan gempur,
    kebetulan saya juga membeli printer xp-360B ini. dan saya bingung bagaimana menggunakan bahasa pemrograman untuk mencetak barcodenya. jika gan gempur sudah dapat menggunakan printer ini, mohon sharingnya. di mana saya bisa menghubungi agan?

      1. Gan gempur, saya sdh instal driver tdp 245plus di ubuntu. Dan bisa ditest print dg kertas biasa. Tapi knp ya begitu diset ukuran kertasnya sesuai dg stiker label 30mmx20mm, printernya tidak mau ngeprint. Error cups filter raster katanya. Terus bagaimana cara pakainya untuk stiker label?apakah dg raw print/escp/tspl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s